Penilaian Sumatif Akhir Semester pada Kurikulum Merdeka: Menjadikan Pembelajaran Lebih Menyenangkan. SMK WIJAYAKUSUMA JATILAWANG
Penilaian sumatif akhir semester merupakan salah satu bentuk penilaian yang dilakukan oleh guru untuk mengukur pencapaian hasil belajar siswa pada akhir semester. Penilaian ini bertujuan untuk memberikan umpan balik kepada siswa dan guru, serta menentukan kelulusan siswa.
Pada Kurikulum Merdeka, penilaian sumatif akhir semester memiliki beberapa perbedaan dengan kurikulum sebelumnya. Salah satu perbedaan yang paling mencolok adalah penilaian sumatif akhir semester pada Kurikulum Merdeka lebih berfokus pada proses pembelajaran, bukan hanya pada hasil akhir.
Penilaian sumatif akhir semester pada Kurikulum Merdeka juga dirancang untuk menjadi lebih menyenangkan bagi siswa. Hal ini dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:
- Penilaian yang lebih beragam
Penilaian sumatif akhir semester pada Kurikulum Merdeka tidak hanya dilakukan dengan tes tertulis, tetapi juga dengan berbagai bentuk penilaian lainnya, seperti portofolio, penugasan, proyek, dan presentasi. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan kompetensinya dalam berbagai cara.
- Penilaian yang lebih kontekstual
Penilaian sumatif akhir semester pada Kurikulum Merdeka dirancang agar lebih kontekstual dengan kehidupan sehari-hari siswa. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa untuk belajar.
- Penilaian yang lebih kolaboratif
Penilaian sumatif akhir semester pada Kurikulum Merdeka dapat dilakukan secara kolaboratif antara siswa, guru, dan orang tua. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan komunikasi antara semua pihak yang terlibat dalam pembelajaran.
- #PenilaianSumatifAkhirSemester
- #PSAS
- #KurikulumMerdeka
- #PenilaianBerbasisProses
- #PenilaianKontekstual
- #PenilaianKolaboratif
- #PembelajaranMenyenangkan
- #MerdekaBelajar